Kamis, 27 Juni 2013

Sejarah Kabupaten Katingan

Katingan adalah sebuah nama aliran sungai yang membentang dari laut jawa kearah utara hingga mencapai perbatasan Katimantan Barat, sejak jaman belanda dan kemerdekaan hingga akhir tahun 1961, Katingan berstatus kewedanan Sampit Timur dengan ibu kota Kasongan.

Pada tanggat 8 Januari 1962 Gubernur KDH Tingkat I Katimantan Tengah Tjilik Riwut menetapkan nama Katingan berstatus sebagai daerah persiapan Kabupaten Katingan terhitung tanggat 1 Januari 1962, tanggal 24 April 1965 Gubernur KDH Tingkat I Kalimantan Tengah TJiLik Riwut menetapkan wilayah Katingan men jadi Kabupaten Administratif Katingan dengan Ibukota Kasongan, kemudian pada tahun 1979 dengan surat Mendagri Nomor : 04 tahun 1997 dirubah statusnya menjadi Pembantu Bupati.

Pada tanggat 31 Juli 2000 DPRD Tk. I Kalimantan Tengah menyetui untuk pemekaran Kabupaten I Kota Propinsi Katimantan Tengah sehingga pada tanggat 14 April 2002 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2002 tentang Pembentukan 8 (delapan) Kabupaten / Kota di Propinsi Kalimantan Tengah, sebagai tindak lanjut undang-undang tersebut maka pada tanggal 3 Junt 2002 dilakukan peresmian Kabupaten Pemekaran oleh Menteri Dalam Negeri di Jakarta.

Pada tanggat 8 JuLi 2002 dilantik Bapak Drs. Duwel Rawing sebagai Penjabat Bupati Katingan oleh Gubernur Kalimantan Tengah Atas Nama Menteri Dalam Negeri di Patangka Raya.

Berdasarkan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pada 21 Juni 2003, maka terpilih Drs. Duwel Rawing sebagai Bupati Katingan dan Yantengtie, SE sebagai wakil Bupati Katingan periode 2003-2008. Pada tanggal 9 Mei 2008 dilakukan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah periode 2008- 2013 dan terpilih Drs. Duwel Rawing sebagai Bupati Katingan dan H. Surya, SH sebagai Wakil Bupati.

Demikian secara singkat sejarah terbentuknya Kabupaten Katingan, tentunya perjuangan yang telah dilakukan tidak hanya sampai disini atau terbentuknya Katingan menjadi sebuah Kabupaten. Tetapi lebih dari ini, bagaimana Kabupaten yang diperjuangkan bertahun-tahun dapat sejajar dengan Kabupaten yang lain sehingga diperlukan pemikir handal serta pekerja keras agar dapat mengelola potensi yang ada secara baik untuk mewujudkan suatu kabupaten Katingan dengan semangat persatuan dan kesatuan sesuai motto Penyang Hinje Simpei.

Sumber :
http://www.katingankab.go.id/profil/sekilas-sejarah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar