Rabu, 26 Juni 2013

Potensi Emas Gunung Mas Capai 45 Juta Ton

Kuala Kurun – Tidak salah jika pemilihan nama salah satu kabupaten pemekaran dari Kabupaten Kapuas ini disebut dengan Kabupaten Gunung Mas. Karena ternyata Kabupaten Gunung Mas memiliki bahan galian tambang yang strategis, diantara kabupaten diseluruh wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, selain Kabupaten Murung Raya.

Berdasarkan kajian hasil tim ahli tata ruang wilayah, Kabupaten Gunung Mas memiliki potensi bahan galian yang disebut strategis adalah emas dan bijih besi. Potensi cadangan emas di Kabupaten Gunung Mas yang terdapat di kecamatan Rungan, Tewah, Kahayan Hulu Utara dan Manuhing dengan jumlah cadangan lebih dari 45 juta ton.



Kecamatan Rungan Hulu, Mihing Raya, dan Miri Manasa juga terdapat cadangan emas yang cukup besar. Pertambangan emas masih dilakukan oleh masyarakat secara tradisional, jelas salah seorang tim ahli ketika memaparkan draft RTRWK Gunung Mas baru-baru ini di Kuala Kurun.

Lebih lanjut tim konsultan memaparkan, Kabupaten Gunung Mas tidak hanya memiliki bahan tambang strategis, seperti emas dan bijih besi. Namun juga memiliki bahan galian sumber energi, berupa batubara dengan potensi cadangan cukup besar hingga mencapai lebih dari 106 juta ton. Dengan sebaran berada di wilayah kecamatan Damang Batu, Manuhing, Manuhing Raya, Rungan, Tewah, Kurun dan Miri Manasa.

Potensi batubara menyebar di sebagian besar kecamatan ini memiliki kendala, yaitu jarak tempuh ke outlet Pulang Pisau yang cukup jauh. Kendala lainnya yang berkaitan dengan kelestarian lingkungan dan kondisi geologi yang kompleks. Untuk masalah jarak, mengingat potensi batubara yang cukup besar, maka perlu perencanaan matang.

Sedangkan bahan galian konstruksi, merupakan jenis batuan yang digunakan untuk bahan bangunan seperti galian dan pasir kwarsa mencapai 700 ribu meter kubik, lempung di kecamatan Sepang mencapai 29 juta meter kubik. Pasir batu di Kurun, Sepang dan Tewah sebesar 49 juta meter kubik. Garnit di Manuhing dan kurun mencapai 953 juta meter kubik.

Sumber: Kalteng Pos, Terdepan dan Selalu Lebih Maju. dalam :

http://www.tarukalteng.net/berita/gunung-mas/potensi-emas-gunung-mas-capai-45-juta-ton

2 komentar:

  1. semoga informasinya bermanfaat....

    BalasHapus
  2. Calls Only ::{+16264653418}
    WhatsApp Only::{+33753893351}

    Ini adalah CREDIT UNION DAYA LESTARI, kami adalah pemegang saham CREDIT UNION DAYA LESTARI prioritas utama kami adalah memberikan bantuan keuangan kepada keluarga Anda tempat kerja Anda baik proyek pinjaman pribadi yang memerlukan dana besar atau Anda kekurangan dana dan Anda memerlukan dana untuk situasi buas kami. sedang mengalami. dapat memberi Anda layanan keuangan ini tanpa mengklaim jaminan keamanan KTA karena kami tidak berada di sini untuk memperparah situasi keuangan Anda namun memberikan bantuan keuangan kepada Anda sehingga satu-satunya jawaban bagi Anda untuk mengatasi trauma keuangan Anda adalah CREDIT UNION DAYA LESTARI jadi jika Anda sangat membutuhkan dana yang sangat penting ini yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi kami melalui alamat berikut karena Anda akan hadir dengan kepuasan dan kegembiraan, kami selalu berada dalam dua puluh jam sehari. dan tujuh hari seminggu sehingga staf kami akan memberikan layanan keuangan terbaik yang Anda inginkan
    email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    BBM: {D8980E0B}
    Kami memperlakukan klien kami dengan sangat hormat karena bertahun-tahun kerja sama membuat kami terus berjalan karena oleh karena itu penawaran kami sangat menarik dan prosesnya sederhana dan tanpa tekanan.

    BalasHapus