Kamis, 27 Juni 2013

Potensi Pariwisata Lamandau Sangat Besar

BULIK, KOMPAS.com - Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, memiliki potensi yang sangat besar di bidang pariwisata, seni dan budaya. Hal itu terlihat di setiap kecamatan dan desa yang ada.

"Potensi yang dimiliki Kabupaten Lamandau sangat besar, antara seni dan budaya tidak dapat dipisahkan dan ini akan menjadi daya tarik wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Lamandau," kata Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, Albert Jackat, di Lamandau, Kamis (18/4/2013).

Menurut Jackat, potensi seni dan budaya yang dimiliki kabupaten lamandau terlihat dari adat istiadat yang diwariskan secara turun temurun, dimana seni dan budaya ini sering dijumpai pada acara- acara adat, seperti acara bagondang, maupun acara menyambut para tamu, maupun acara adat yang lainnya.

Acara adat ini juga terus dipertahankan dan terus ditingkatkan. Pemerintah juga terus menggali berbagai budaya yang telah lama hilang sehingga bisa dipelajari oleh generasi muda dan dikembangkan kembali sehingga budaya tersebut akan tetap ada.

"Nilai seni budaya tergambar dari rumah-rumah tua yang masih ada, kalau kita mungkin itu hanya sebuah rumah yang ada di daerah kita dan sudah biasa kita temui, namun bagi para turis atau wisatawan itu rumah tersebut memiliki nilai yang tidak terhingga," katanya.

Selain seni budaya yang dimiliki, lanjut Jackat, Kabupaten Lamandau juga memiliki wisata sungai, dimana wisata sungai ini terdapat di Bulik timur, Belantikan Raya, dan Kecamatan Delang, dimana wisata sungai ini sangat menjanjikan bagi para wisatawan maupun masyarakat yang ada di Kabupaten Lamandau.

Sungai Lamandau yang berada didaerah hulu memiliki riam yang sangat menarik. Selain itu di daerah aliran sungai ini memiliki hutan tropis. "Ini sangat mendukung dan menjadi daya tarik untuk wisata sungai," katanya.

Jackat menambahkan, untuk wisata sungai akan dibentuk suatu kelompok yang sadar wisata, di mana kelompok ini akan mengelola berbagai kegiatan dalam wisata sungai, sehingga apa yang diinginkan pemerintah, agar semakin banyak wisatawan berkunjung ke Kabupaten Lamandau segera terwujud.

Sumber :
http://travel.kompas.com/read/2013/04/19/1049486/Potensi.Pariwisata.Lamandau.Sangat.Besar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar