Kamis, 27 Juni 2013

Pemkab Sukamara Kembangkan Wisata Pantai

Pariwasata di Kabupaten Sukamara cukup potensial untuk dikembangkan. Seperti pantai, wisata alam, dan seni budaya. Upaya apa saja yang dilakukan Pemkab setempat, berikut ini ulasannya. UNTUK objek wisata pantai yang berpotensi untuk dikembangkan seperti Pantai Kuala Jelai, Tanjung Nipah, Tanjung Selaka, Sungai Ramis dan Pantai Jorong.


Semua pantai tersebut, berada di Kecamatan Jelai dan Panti Lunci. Di tempat-tempat tersebut, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan bernuasa bahari dan menyaksikan perkampungan nelayan. Selain itu, dapat pula menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam dan nikmatnya makanan laut seperti kerang, udang, kepiting dan beberapa masakan olahan ikan yang banyak ditemukan di sana. Namun pengembangan pariwisata di Sukamara, perlu didukung sarana dan prasarana yang memadai.

Supaya para wisatawan yang berkunjung, dapat menikmati keindahan dan kenyamanan pariwisata Sukamara. Untuk menunjang keparisiwisataan tersebut, Pemkab Sukamara mulai membangun beberapa fasilitas di lokasi wisata. Antara lain, di Pantai Jorong, Kecamatan Pantai Lunci. Begitu juga di Pantai Jelai. Ditempat itu, dibangun anjungan dan pondok istirahat pengunjung dan panggung pentas seni. Anjungan ini baru saja dibangun. Biasanya setiap hari libur banyak warga yang datang bersantai disini, terutama dari Sukamara, ujar Nasir, salah seorang warga Pantai Jorong, Kecamatan Pantai Lunci.

Di Pantai Jorong yang saat ini sedang berbenah, terdapat sejumlah proyek pemerintah.Seperti pembuatan pemecah ombak atau gelombang yang sangat didamba oleh seluruh warga sekitar. Selain dapat melindungi warga dari ganasnya terjangan ombak, pemecah ombak tersebut, sering digunakan untuk sarana wisata juga. Apalagi kalau air laut sedang surut.

Para pengunjung ramai-ramai pergi ke atas pemecah ombak untuk menikmati pemandangan laut. Kami berharap, dengan adanya sarana dan prasarana pendukung lainnya, akan lebih membuat nyaman para pengunjung yang datang ke lokasi pantai wisata, ucap Nasir. Selain wisata pantai, wisata alam yang bisa dikunjungi oleh masyarakat setempat adalah Bukit Patung, yang merupakan dataran tinggi membentuk bukit-bukit dengan panorama alamnya yang sejuk dan alami, dikelilingi luasnya perkebunan kelapa sawit. Lokasi bukit ini, berada di Kecamatan Balai Riam dan dapat ditempuh dengan jalan darat.(enn/jun)

Sumber :
http://www.kaltengpos.co.id/?menu=detail_atas&idm=15763
23 Mei 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar