Rabu, 26 Juni 2013

Industri Rotan Hadir di Barito Selatan

@IRNewscom | Buntok : PUSAT industri rotan segera dibangun Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Selatan di Kelurahan Jelapat, Kecamatan Dusun Selatan. Kabar tersebut diungkap Bupati Barito Selatan Farid Yusran.

Ia mengungkapkan bahwa pemkab berencana membangun pusat pengembangan industri rotan itu untuk menumbuhkan industri rotan di wilayah setempat.


"Pusat pengembangan rotan ini sangat perlu, karena penduduk Barito Selatan yang berada dipinggir Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito pada umumnya bermata pencaharian sebagai petani rotan," ungkap Farid Yusran seperti dilansir ANTARA, Jumat (14/06).

Dengan adanya pusat pengembangan industri rotan itu, maka harga jual rotan mentah di wilayah Barsito Selatan nantinya akan terjamin dan industri rotan akan tumbuh sehingga perekonomian masyarakat akan meningkat.

"Untuk pembelajaran pengolahan rotan menjadi produk furniture, Kementrian Perindustrian melalui program industrialisasi produk rotan akan mengirimkan transmigrasi penduduk Cirebon untuk menularkan keahliannya kepada penduduk lokal," katanya.

Selain itu diungkapkannya bahwa PT Multi Tambangjaya Utama (PT MTU) yang berinvestasi di wilayah setempat dengan Pemkab Barito Selatan telah menjalin kerja sama untuk pengembangan industri rotan melalui dana "Corporate Social Responsibility (CSR)" atau tanggung jawab sosial perusahaan tersebut.

"Nota kesepahaman (MoU) terkait hal itu beberapa hari lalu sudah ditandatangani antara perusahaan dengan Pemkab Barito Selatan bersama Menteri Perindustrian MS Hidayat dan Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang," ucapnya.

Atas nama pribadi dan pemerintah daerah, lanjut Farid Yusran, pihaknya sangat berterima kasih kepada perusahaan yang telah melaksanakan program pemberdayaan masyarakat terkait dengan pengembangan industri rotan ini.

"Dengan adanya dukungan pihak investor melalui dana CSR tersebut, kami optimistis industri rotan di Barsel akan tumbuh dengan pesat dan kesejahteraan masyarakat akan mengalami peningkatan," katanya. [amb]


Sumber :
http://www.indonesiarayanews.com/news/ekbis/06-14-2013-03-19/industri-rotan-hadir-di-barito-selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar