Kamis, 27 Juni 2013

Pantai Ujung Pandaran Di Kota Waringin Timur

Kabupaten Kotawaringin Timur adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota kabupaten ini terletak di Sampit. Kabupaten ini terletak antara 1110 0 50 - 1130 0 46 Bujur Timur dan 00 23 14 - 30 32 54 Lintang Selatan. Wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Katingan dan Seruyan, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Katingan, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Seruyan sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Laut Jawa. Luas wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat 16.496 Km, terdiri dari tiga belas Kecamatan, 132 Desa dan 12 Kelurahan.

Disektor perkebunan, komoditas kelapa banyak diproduksi di Kecamatan Metaya Hilir Selatan dan Pulau Hanaut. Sementara kelapa sawit memiliki areal tanam luas terutama di Kecamatan Mentaya Hulu, Parenggean, dan Cempaga. Sedangkan karet yang juga banyak diolah untuk dijadikan souvenir khas kalimantan ini banyak ditanam di Kecamatan Cempaga, Kota Besi, Mentaya Hulu, dan Parenggean.

Kabupaten Kotawaringin Timur memiliki potensi alam yang cukup besar seperti kawasan hutan yang menawarkan isinya untuk ditebang dan diolah. Total lahan hutan produksi di wilayah ini sekitar 1,2 juta hektar. Komoditas hasil hutan yang di eksport antara lain plywood, kayu bulat, kayu gergajian, dan moulding/dowel.


Selengkapnya :
http://wisatadanbudaya.blogspot.com/2009/11/pantai-ujung-pandaran-di-kota-waringin.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar