Kamis, 27 Juni 2013

Catatan Perjalanan: Kabupaten Sukamara

“Besok ke Sukamara, naik motor.” Begitulah jawab saya ketika rekan-rekan bertanya tentang waktu dan jenis transportasi yang saya gunakan ke Kabupaten Sukamara. Saya ke Sukamara atas perintah tugas pimpinan redaksi untuk membantu koresponden di sana yang tampaknya sudah jarang mengirim berita untuk medianya. Saya menggantikan Dewi, wartawan sebelumnya yang bertugas di sini terlebih dahulu.

Menurut informasi selama saya di Pangkalan Bun, Kabupaten Sukamara adalah daerah hasil pemekaran dari kabupaten induknya yaitu Kotawaringin Barat (Kobar) 8 tahun yang lalu (sekarang jalan tahun ke-9). Daerah ini sulit dijangkau kalau tidak boleh dibilang terisolasi. Selain itu, kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kalimantan Barat. Jalan tercepat dari Kobar-Sukamara adalah melalui jalur transortasi air selama 3,5 jam. Menurut google-maps, jalan darat harus memutar ke utara lewat Kabupaten Lamandau yang juga daerah pemekaran Kobar.


Selengkapnya :
http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2011/11/07/catatan-perjalanan-kabupaten-sukamara-kalimantan-tengah-1-410473.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar