Kamis, 27 Juni 2013

Pameran Industri Sawit di Kotawaringin Timur

SAMPIT - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, Supian Hadi, membuka pameran internasional peralatan industri perkebunan kelapa sawit, bertempat di Stadion 29 November, Sampit.

"Kami berharap dengan diadakannya pameran industri kelapa sawit yang melibatkan perusahaan nasional dan internasional nantinya dapat memberikan nilai tambah dan menyebarkan informasi mengenai peta industri kelapa sawit di Kabupaten Kotim," kata Supian Hadi, di Sampit, Kotim, Selasa (26/3), seperti dikutip Antara.


Pameran industri kelapa sawit yang bertajuk "Kalimantan Palm Oil Fair 2013" ini berlangsung 26-27 Maret 2013. Pameran diikuti sedikitnya 70 perusahaan dari dalam maupun luar negeri dan selain memamerkan alat berat serta mesin industri kelapa sawit juga akan diisi dengan seminar tentang kelapa sawit atau "Planters Seminar Kalimantan 2013".

Perkembangan teknologi industri kelapa sawit sangat penting diketahui oleh pelaku usaha di sektor perkebunan kelapa sawit dan melalui pameran itulah perkembangan teknologi dapat diketahui.

Pemerintah daerah sangat mendukung dilaksanakannya pameran itu, sebab selain bermanfaat bagi pelaku usaha perkebunan kelapa sawit juga dapat meberikan nilai tambah bagi daerah.

Dampak positif dari digelarnya pameran peralatan industri kelapa sawit itu adalah terbukanya peluang usaha, kemudian nama Kabupaten Kotim dikenal ke mancanegara.
Menurut Supian Hadi, perusahaan peserta pameran peralatan industri diharapkan kedepannya bisa membuka kantor di Kabupaten Kotim, sehingga kebutuhan perusahaan perkebunan kelapa sawit akan peralatan industri dapat dengan mudah terpenuhi.

Pertumbuhan industri kelapa sawit di Kabupaten Kotim cukup pesat dan permintaan peralatan pendukung proses produksi juga sangat tinggi dan untuk mempermudah layanan sebaiknya mereka membuka kantor cabang di kota Sampit. "Kalimantan Palm oil Fair 2013 merupakan untuk pertama kalinya digelar di Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Kotim dan pameran ini menjadi ajang yang tepat untuk mengenalkan dan menampilkan teknologi industri pendukung kelapa sawit," katanya.

Pemerintah daerah sangat terbuka dan akan memberikan kemudahan bagi perusahaan yang akan berinvestasi di Kabupaten Kotim, terutama dalam pengembangan industri hilir kelapa sawit. Pasalnya, untuk perluasan kawasan perkebunan sekarang sudah tidak mungkin dilakukan, karena tidak adanya lahan. Untuk itu pemerintah berusaha keras dan berkonsentrasi pada pengembangan industri hilir. (Wyn)

Sumber : infosawit.com, dalam :

http://agro.kemenperin.go.id/1596-Pameran-Industri-Sawit-di-Kotawaringin-Timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar